banner

Selasa, 17 Oktober 2023

author photo

Cahaya Perubahan, Muratara - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) bersama pihak rekanan PT PMS belakangan menunjukan prestasi gemilang. Betapa tidak, hanya dalam tempo 45 hari kerja saja, jalan tembus Jalan Desa Biaro Baru menuju Desa Biaro Lama Kecamatan Karang Dapo sepanjang 2 kilometer tuntas dikerjakan. Tidak hanya itu, kegiatan peningkatan jalan jenis beton cor senilai rp 6,1 milyar ini juga mendapat apresiasi dari Warga setempat lantaran dinilai mampu menunjang peningkatan perekonomian Masyarakat setempat yang mayoritas berprofesi sebagai petani karet dan sawit.


"Kami Warga disini sangat bersyukur jalan ini sudah dibangun. Jadi kami bisa beraktifitas membawa hasil perkebunan kami untuk dipasarkan menjadi lancar tanpa kendala lagi. Kondisi jalan seperti ini juga mengurangi tarif ongkos angkut hasil perkebunan Pak dari semula mahal menjadi murah," ujar Yusep (45), Warga setempat saat ditemui di lokasi, Selasa (17/10).



Dikatakan Yusep, sebelum diperbaiki jalan tersebut hanya berupa perkerasan jalan saja. Sehingga saat hujan akan menjadi sangat becek dan susah untuk dilalui. Tidak jarang, kendaraan yang digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan terjebak dalam lumpur di badan jalan.


"Kami warga disini berkomitmen untuk menjaga dan merawat jalan ini. Mobil - mobil angkutan berat dari perusahaan - perusahaan perkebunan sawit tidak diperbolehkan untuk melintas disini. Sehingga jalan ini awet dan dapat terus dimanfaatkan oleh Warga disini," jelas Yosep.


Sementara itu, Kepala Desa Biaro Lama, Yusuf Alfrian mengatakan pembangunan jalan penghubung ini sangat bermanfaat dan tepat sasaran, karena dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap perekonomian masyarakat di kedua desa tersebut. 


"Kami bersyukur, bapak Bupati, H Devi Suhartoni, telah membangun jalan penghubung antara Desa kami (Biaro Lama - red) dengan  Desa Biaro Baru. Akses jalan penghubung yang sudah dibangun ini akan sangat membantu kami para petani mengeluarkan hasil pertanian, karena masyoritas warga berkebun karet dan sawit," tutur Kades.


Dikonfirmasi, Kepala Dinas PUPR Muratara, Junius Wahyudi, ST., melalui PPK kegiatan, Salahudin menjelaskan jika kegiatan Peningkatan Jalan Biaro Baru - Biaro Lama tersebut merupakan salah satu bentuk perwujudan program prioritas  Bupati Muratara, H Devi Suhartoni dan Wabup, H Inayatullah guna menjamin konektivitas jalan penghubung rampung 100%.


"Untuk tahun ini baru seoanjang 2 kilometer jalan yang kita bangun. Titik jalan yang dibangun merupakan titik lokasi  yang dinilai kondisinya paling parah, karena sering banjir dan berlumpur. Kami sangat berharap agar Warga setempat dapat bersama - sama menjaga serta merawat jalan yang sudah dibangun tersebut agar dapat terus memberikan asas manfaat kedepannya bagi Warga setempat," tegas Salahudin.


Disisi lain, pihak Rekanan yang sukses membangun jalan tersebut yakni CV PMS menjelaskan, jika pada awalnya akses jalan yang  dibangun tersebut kondisinya hanya berupa perkerasan badan jalan saja dan memiliki medan yang berlumpur. 


"Walaupun begitu, berkat dukungan masyarakat sekitar, jalan ini selesai dibangun dengan cepat. Hanya dalam tempo 45 hari dari 180 hari kerja yang seharusnya, jalan ini sudah selesai kita bangun. Semoga kedepannya, kami dapat terus menghasilkan sesuatu yang terbaik untuk kepentingan masyarakat," kata Dayat, selaku Pelaksana Lapangan CV PMS. (Red)

Beriklan

Tulisan ini memiliki 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

banner