banner

Sabtu, 03 Juni 2023

author photo


Cahaya Perubahan
, Rejang Lebong - Seorang pengusaha muda sukses sekaligus anggota DPRD Rejang Lebong (RL), Putra Mas Wigoro SE,SH,MH kembali membeberkan kunci sukses dalam membangun suatu usaha. Hal ini disampaikan oleh pria yang kerap dikenal dengan sebutan PMW ini saat memberikan materi tentang kewirausahaan kepada para peserta seminar kewirausahaan di gedung PCNU RL, Sabtu (3/6).


Saat menyampaikan materi, Putra Mas Wigoro memberikan pengetahuan dan pengalamannya di bidang usaha. Tak hanya itu, Putra Mas Wigoro juga membocorkan sejumlah kunci sukses dan tips dalam mengembangkan suatu usaha agar usaha tersebut dapat maju dan berkembang.


Dijelaskan Putra Mas Wigoro, peran pemuda sangat sering dikaitkan dengan kemajuan suatu bangsa. Pemuda memiliki semangat yang tinggi dan kreatifitas tinggi. Sehingga lebih bisa dalam memilih peluang bisnis atau usaha. Maka tidak bisa dipungkiri jika beberapa waktu kebelakang ini justru banyak pemuda yang menjadi pengusaha sukses.


"Dalam pembangunan daerah, sebagai pemuda kita jangan sampai lengah dan merasa tidak peduli terhadap pembangunan daerah ini. Kita harus berani berbuat, harus berani menjadi garda terdepan dalam pembangunan daerah, berjuang sesuai dengan kemampuan kita," pesan Putra untuk memotivasi para peserta.


Dilanjutkan Putra Mas Wigoro, dalam memulai suatu usaha, Pelaku usaha harus mengawali langkahnya dengan niat yang baik, lalu kreatif, semangat dan konsisten. Terkait modal, banyak pelaku usaha yang memulai usahanya dengan modal yang banyak, namun akhirnya tumbang dan gagal, hal tersebut dikarenakan tidak ada perencanaan yang matang.


Dilain sisi,Putra Mas Wigoro menilai jika para peserta yang mayoritas adalah mahasiswa, tentu memiliki jaringan yang kuat, baik melalui teman-temannya yang di kampus, dosen dan teman saat di sekolah dulu serta rekan-rekan saat aktif dalam organisasi. Inilah modal awal yang sangat penting dalam memulai usaha. Karena, jaringan dan pergaulan yang luas sangat diperlukan dalam setiap bisnis, karena dari situlah sebuah bisnis akan berkembang.


"Jika sudah ada Niat, Modal, Perencanaan Usaha, maka langkah selanjutnya adalah Memulainya. Juga pelaku usaha harus memanfaatkan kemajuan teknologi seperti Media Sosial untuk memasarkan produknya dalam dalam berusaha dan yang terpenting adalah pelaku usaha harus bersikap jujur," jelas Putra.


Untuk diketahui, kegiatan di atas merupakan Seminar Kewirausahaan yang digelar oleh Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Curup dengan tema "Menumbuhkan Semangat Entrepreneur yang kreatif dan inovatif bagi masyarakat menghadapi era industri 5.0". Untuk para peserta sendiri adalah para mahasiswa, baik dari kampus IAIN Curup, Politeknik Raflesia, Universitas Pat Petulai (UPP) serta dihadiri para kader PMII dan NU Rejang Lebong. (Red)

Beriklan

Tulisan ini memiliki 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

banner