banner

Jumat, 09 Juni 2023

author photo


Cahaya Perubahan
, Muratara - Secara tegas, Deputi Bidang Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia (Ri), Letjen TNI (Purn) Dr. Sudirman, S.H, M.H, M.M menyampaikan jika dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap seluruh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Kabupaten Musirawas Utara (Muratara). Hal ini dilakukan setelah pihaknya mengetahui jika mayoritas Bumdes di Kabupaten Muratara belum memiliki badan hukum tetap.


"Saya juga kaget ketika dapat informasi itu tadi. Jadi dalam waktu dekat ini, kami aka melakukan evaluasi mengenai hal ini," tegas Sudirman saat diwawancarai usai pelaksanaan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa Kabipaten Muratara Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di Desa Simpang Nibung Kecamatan Rawas Ulu, Jumat (9/6).


Ditegaskan Sudirman, pihaknya akan segera melakukan rapat evaluasi internal dan selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait khususnya  Pemerintah Daerah Muratara serta Dinas PMD setempat untuk mengambil langkah - langkah kongkrit mengatasi permasalahan tersebut.


"Secepatnya akan kita tindaklanjuti. Sebab, untuk menjalankan usahanya, Bumdes itu wajib memiliki badan hukum tetap," tukasnya.


Disisi lain, Sudirman juga mengatakan jika pelaksanaan Dana Desa setiap tahunnya perlu dievaluasi implementasi dan dinamikanya di lapangan. Mengingat kedepannya masih akan ada lagi program - program lain yang akan disasarkan ke tingkat Desa.


"Sembilan tahun telah dilaksanakan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, selama periode tersebut tentunya kita banyak mendapatkan pelajaran berharga, dinamika di lapangan dalam implementasi UU Desa hendaknya menjadi evaluasi bersama untuk penyempurnaan pelaksanaan UU tersebut, perlu adanya Refleksi UU Desa", ujar Sudirman.


Sementara itu, Kepala Dinas PMD Muratara, Gusti Rohmani menyampaikan apresiasinya terhadap pihak Deputi Bidang Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK yang telah menyempatkan diri untuk melangsungkan kegiatan di Kabupaten Muratara.


"Tim pusat yang datang pada hari ini sendiri melakukan evaluasi terhadap sejumlah aspek yang ada di Kabupaten Muratara ini. Hal ini disebabkan kedepan, pihak Kemenko PMK akan melakukan kegiatan - kegiatan dan program - program lanjutan. Salah satunya yaitu kegiatan pelatihan - pelatihan di bidang Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa,' ujarnya. (Red)

Beriklan

Tulisan ini memiliki 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

banner