banner

Sabtu, 13 Mei 2023

author photo

CahayaPerubahan, Rejang Lebong - Pengusaha muda Rejang Lebong (RL), Putra Mas Wigoro SE.SH.MH,  Sabtu (13/5) menjadi pemateri di Universitas Pat Petulai (UPP) RL. Dalam penyampaian materi terkait peran pemuda dalam membangun ekonomi daerah kepada Mahasiswa dan pemuda yang hadir, pria yang akrab disapa PMW ini memberikan 4 kiat sukses dalam berbisnis.

"Peran pemuda dalam membangun ekonomi daerah sangatlah besar. Saya akan membeberkan empat kiat khusus agar kita bisa sukses dalam berbisnis," ujar PMW.


Dijelaskan PMW, kiat yang lertama yaitu harus kreatif. Sebab, kreatifitas diperlukan dalam berbisnis, sehingga memiliki inovasi dalam setiap proses dan tahapan bisnis yang digelutinya. Sehingga, membuat bisnisnya berbeda dengan orang lain.


Kiat selanjutnya, sambung PMW, yaitu dalam berbisnis harus bisa konsisten, tidak mudah menyerah dan terus mencoba hingga berhasil. Lalu, kiat yang ketiga yaitu kejujuran dalam berbisnis juga harus dipenuhi oleh Pembisnis, karena bisnis itu erat kaitannya dengan komunikasi kita dengan orang lain, baik itu konsumen maupun rekan kerja.


“Kiat yang terakhir adalah Ikhlas dan mau berbagi. Sebab sebagian penghasilan kita ada hak orang lain. Ketika kita berbagi, maka rejeki kita akan semakin bertambah,” jelas Putra.


Ditambahkan PMW, pemuda merupakan motor penggerak ekonomi, pemuda memiliki semangat yang tinggi dan kreatifitas tinggi. Sehingga lebih bisa dalam memilih peluang bisnis atau usaha yang akan digeluti. Terlebih lagi dengan kecanggihan teknologi dimanfaatkan oleh paa pemuda untuk meraup pundi-pundi rupiah. Seperti menjadi youtuber, selebgram, penulis online, blogger, bisnis waralaba, trading hingga bisnis kuliner kekinian.


"Dengan begitu, pemuda bisa menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran hingga membantu perekonomian keluarga, bahkan daerah ini melalui pajak atau retribusi. Karena daerah ini tidak bisa maju jika tanpa adanya peranan dari kaum muda," ujar PMW.


Sementara itu,  Wakil Bupati Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah SH yang membuka kegiatan launching komunitas Esport Rejang Lebong dan Seminar pemuda tersebut menyampaikan, mudah-mudahan dengan telah diberikannya materi oleh sosok Pengusaha Muda di daerah ini, kedeoannya akan muncul pemuda lainnya yang kreatif dan sukses dalam berbisnis.


“Begitu juga terkait dengan Esport ini, mudah-mudahan juga muncul gamer Esport yang mampu bersaing dengan atlit-atlit Esport lainnya baik Mobile Legend, PUBG maupun game online lainnya. Jikapun tidak, maka harapannya adalah ada gamer yang kreatif dalam memanfaatkan teknologi seperti youtuber, tiktok dan lainnya. Pastinya berisi konten gamer yang baik, menghasilkan dan positif,” ujar Wabup RL. (Red)

Beriklan

Tulisan ini memiliki 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

banner